Iklan Terbaru KukuBima Energi Di Rawa Pening Ungaran
August 25, 2017
Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Long Weekend Sudah Berakhir
September 4, 2017

Launching Iklan Terbaru KukuBima Energi di Kawasan Rawa Pening

Bertempat di Bukit Cinta Brawijaya, kawasan wisata Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada (5/8), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. melakukan peluncuran iklan terbaru dari brand KukuBima Ener-G! yang bertema wisata Rawa Pening.

Rawa Pening merupakan danau alam di kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dengan panorama alamnya yang indah,  sebab berada di kaki Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Rawa Pening menjadi salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di Jawa Tengah, terletak di perlintasan kota Semarang, Salatiga, Solo, dan Yogyakarta.

Namun sangat disayangkan, Rawa Pening dengan luas mencapai 2.700 hektar yang dikenal dengan legenda “Baru Klinting” ini, kini mengalami pendangkalan dimana permukaan danaunya hampir 70% tertutup Eceng Gondok. Upaya pembersihan dan pelatihan pemanfaatan Eceng Gondok pun belum mampu mengurangi tekanan populasi tumbuhan ini.

Permasalahan Eceng Gondok yang meresahkan berbagai pihak ini, merupakan permasalahan yang sama dengan ratusan danau di Indonesia, seperti: Danau Toba Sumatra Utara, Bulilin Minahasa, Sungai Seruyan Kalimantan Tengah, Waduk Cirata Purwakarta, Sungai Citarum dan Jatiluhur Jawa Barat, Danau Batur Bali, Danau Tondano Sulawesi Utara, dan masih banyak lainnya.

Sido Muncul, sebagai perusahaan yang keberadaan pabriknya dekat dengan Rawa Pening pun turut terpanggil untuk membantu mencari solusi menyelamatkan Rawa Pening dengan menjadikan Eceng Gondok sebagai bahan bakar. Program ini sudah dilaksanakan sejak peluncurannya pada 19 Desember tahun lalu. Upaya ini diharapkan dapat menggerakkan semua elemen masyarakat untuk berpartisipasi mengurangi populasi Eceng Gondok di kawasan Rawa Pening.

Salam satu brand dari PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. yang konsisten dalam menampilkan berbagai tempat wisata di Indonesia dalam iklannya, yaitu KukuBima Ener-G! pun, kembali meluncurkan iklan terbarunya yang bertema “Membangun Pariwisata Rawa Pening Menjadi Tujuan Wisata Kelas Dunia”.

Selain peluncuran iklan, Sido Muncul juga memberikan bibit tanaman Alpokat jenis Wina sebanyak 200 batang yang akan ditanam di sekitar Rawa Pening, dan 100 ribu ekor bibit ikan Nila Mujair yang kemudian dilepas ke Rawa Pening. Secara simbolis, pada kesempatan tersebut, dilakukan penanaman pohon Kantil, Kenanga, dan Cempoko Mulyo oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayejn TNI Tatang Sulaiman, didampingi Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Muhammad Herindra, M.A., M.Sc., Bupati Kabupaten Semarang dr. H. Mundjirin ES, SpOG, dan Direktur PT Sido Muncul Tbk. Irwan Hidayat.

Guna mengenalkan makanan khas seputar Semarang, konsumsi yang disajikan pun disajikan oleh para pelaku usaha wilayah setempat, yaitu : Sate Pak Kempleng, Bakso Rahayu, Serabi Ngampin Ambarawa, Pecel Ambarawa, dan makanan khas lainnya.

Sejumlah petinggi hadir pada kesempatan ini, yaitu : Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Hilman Nugroho, Staf khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. Firdaus, Pangdam IV/Diponegoro Mayejn TNI Tatang Sulaiman, Bupati Kabupaten Semarang dr. H. Mundjirin ES, SpOG, Kepala Balai Pusdataru, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sri Danujo SE, Kepala Balai Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi JawaTengah, Ketua AWAI (Asosiasi Wisata Wisata Agro Indonesia) Jawa Tengan, Ketua KP3K (Konservasi Perairan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil) Jawa Tengah, Guru Besar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Semarang Prof. DR. Sutomo, Mantan Jaksa Agung Herdarman Supanji, Mantan Kepala Baan POM Roy Sparingga, Pemred Metro TV Don Bosco Selamun, Pemred Tempo Bambang Harimurti, Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo, Pengamat Lingkungan Prof. Sudharto Prawata Hadi, MES., Ph.D., Komunitas Motor Gede, Komisaris Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Sigit Hartoyo, Komisaris Johan Hidayat, Direktur Operasional PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk David Hidayat, dan Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat.

Sido Muncul melalui produk Kuku Bima Energi, akan mempromosikan danau Rawa Pening menjadi destinasi wisata tingkat dunia. Karena pariwisata adalah sesuatu yang berkelanjutan yang dapat mempengaruhi semua bidang dan tidak akan habis. Dengan pariwisata secara nyata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan otomatis Pendapatan Asli Daerah (PAD) bertambah.

Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan, “Melalui iklan ini diharapkan bisa menjadi solusi agar masyarakat ikut bergotong royong menjaga dan membersihkan danau-danau di Indonesia seperti halnya Rawa Pening agar terbebas dari eceng gondok, sehingga nantinya danau-danau ini bisa menjadi destinasi wisata baru bahkan wisata tingkat dunia”.

Irwan juga menambahkan bahwa pariwisata di Indonesia ini harus dipromosikan karena pariwisata adalah sesuatu yang berkelanjutan yang dapat mempengaruhi semua bidang dan tidak akan habis serta dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Iklan yang dibintangi oleh Ade Rai, membawa pesan mengajak masyarakat turun ke lapangan bekerja nyata mengambil Eceng Gondok. Di sini digambarkan bahwa solusi untuk mengatasi pertumbuhan Eceng Gondok dengan membuatnya menjadi bahan bakar. Setelah Rawa Pening bersih harapan mereka bersama laskar Kuku Bima Energi bisa datang ke Rawa Pening untuk berwisata karena danaunya telah bersih. Sehingga daya tampung air di danau Rawa Pening meningkat dan menjadikan kemakmuran masyarakatnya juga meningkat.