5 Manfaat Punya Resolusi di Awal Tahun
December 27, 2016
Kalau Liburan Cuma di Rumah Saja
December 28, 2016

Persiapan Sebelum Lari Marathon

Lari marathon merupakan salah satu cabang dalam olahraga lari jarak jauh yang membutuhkan ketahanan fisik yang cukup, Sob. Mengikuti kompetisi dalam cabang ini,  bukan hanya semangat saja yang kamu butuhkan, melainkan energi untuk beraktivitas sepanjang kamu berlari menyusuri jalur lintasan dalam lari marathon. Jika kamu berkeinginan untuk mengikuti kompetisi lari marathon, ada beberapa persiapan yang sangat perlu kamu perhatikan, Sob.

Jaga Stamina Tubuh

Bukan hanya dengan mengonsumsi minuman stamina seperti KukuBima Ener-G! 30 menit sebelum melakukan latihan, tetapi juga melakukan check-up rutin sebelum mengikuti kompetisi. Kebanyakan pelari marathon akan mudah cedera, seperti mengalami nyeri tumit, patah tulang kering, hingga masalah lain yang mungkin terdengar sepele namun cukup membahayakan bagi tubuh. Melakukan pemeriksaan menyeluruh mengenai kondisi kesehatan, akan membantu kamu agar tetap tangguh selama kompetisi, dan mengantisipasi berbagai hal yang nggak diinginkan. Cukupkan pula asupan cairan tubuhmu dan cegah tubuhmu mengalami dehidrasi selama latihan.

Atur Pola Makan

Sebaiknya pelari marathon memiliki pola makan yang tinggi karbohidrat dan rendah serat seenggaknya 6 jam sebelum mulai berlari. Dalam waktu itu, tubuhmu punya kesempatan untuk mencerna makananmu hingga habis, sehingga mengurangi gangguan perut selama berlari. Pilih pula makanan yang mengandung banyak air, agar menjaga tubuhmu terhidrasi dengan baik. Selain itu, sangat baik jika kamu mengonsumsi telur rebus untuk membantu menjaga tingkat energimu.

Rencanakan Jadwal Latihan Mingguan

Sebab marathon bukanlah cabang olahraga lari yang mudah, kamu perlu membiasakan dirimu dengan berbagai latihan rutin. Masukkan satu hari untuk lari jarak jauh dengan jarak berlari yang bisa kamu sesuaikan setiap minggunya. Jangan sampai juga kamu melupakan waktu untuk mengistirahatkan tubuhmu dari latihan. Misalnya, pada hari senin kamu melakukan jalan santai,  selasa untuk istirahat,  rabu diisi dengan jogging, kamis istirahat kembali, jumat dengan spirt, sabtu istirahat kembali, dan minggu untuk lari jarak jauh. Cukup baik jika kamu menikmati minuman energi sebelum berolahraga seperti KukuBima Ener-G! rasa favoritmu.

Tidurlah yang Cukup

Bagaimanapun, tidur akan membantu tubuhmu tetap segar dan bugar. Pastikan kamu memiliki irama tidur malam yang cukup dan sebaiknya kamu menghindari begadang. Istirahatkanlah tubuhmu sebaik-baiknya dan aturlah pula pola hidupmu.

Para Pemberani, bersiaplah untuk berkompetisi dengan penuh semangat dan kegigihan ya. Selamat mencoba melakukan latihan rutin sebelum bergabung di kompetisi lari marathon. ROSA!